Gambaranku…

Walah, puanaaaassss bbuuuuaaanngggeeettt….

Hauuuussss….

Kalo ndak puasa mungkin Karmin udah punya niatan beli es cendol di sebelah sekolahan. Ya, Karmin emang lagi puasa. Soalnya bulan puasa kemaren dia bolong 1 lantaran ndak sengaja makan kerupuk waktu bangun abis tidur siang. Walopun sebenernya pak ustad sudah bilang kalo lupa itu ndak papa, tapi dia ngerasa ndak mantep aja. Akhirnya dia puasa sekarang buat mbayar kekilapannya. Tapi untungnya, warung es cendolnya tutup, untungnya lagi sekolahan punya lumayan banyak pohon yang guedenya minta ampun, jadi udah cukup buat neduhin beberapa sudut sekolah, tempat yang kau janjikan, ingin jumpa denganku, walau mencuri waktuuuuuuuu….. (Hush…. malah nyanyi, critanya dilanjutin mas…).

Kayak pohon asem di depan kelasnya Karmin, kalo ditaksir-taksir mungkin umurnya udah puluhan tahun. Soalnya kata Pak Sur (pak bon-nya sekolahan), ini pohon udah ada semenjak jaman sekolahan masih berwujud kebon. Padahal, si sekolahan umurnya udah sekitar seperempat abad. Dan asyiknya, buah asemnya ndak pernah ngambek berbuah yang buahnya secara rutin dipanen sama anak-anak. Caranya ada yang disogok-sogok pake sapu, ada yang nekat manjat, ada juga yang tega minjem sepatu temennya buat dilempar biar buahnya pada jatuh. Malahan si Iir pernah mau bikin rekor menjatuhkan buah asem terbanyak sepanjang sejarah dengan cara menabrakkan diri ke pohon, gara-gara dikomporin sama anak-anak, dibilangin, “Ah kamu Ir, masa badan segede gambreng ndak ada gunanya”. Dan panaslah si Iir, lantaran badannya yang emang ndak tanggung-tanggung gedenya, trus dibilangin cuma pantes buat dipegangin rame-rame waktu berenang biar pada ndak tenggelam.

Sebenernya Karmin kasian demi ngeliat si pohon asem yang malang ditabrak badak tanpa cula tanpa ampun. Ndak ayal si pohon pun dengan rela menjatuhkan buah asemnya sebanyak mungkin biar ndak ditabrak lagi. Perkiraanpun ndak salah, anak-anak secara aklamasi menobatkan si Iir sebagai perontok buah asem terbanyak sesekolahan, sedaun-daunnya, dan berhak mendapatkan sejumput dua jumput bakwan gratis dari kantin, hihi… Dan yang bakal kasian adalah Pak Sur karena sampah yang disapu bakalan nambah. Itu aja udah dikurangi sama si Yoyok yang emang hobi ngumpulin buah asem buat diemut-emut sama simbahnya, selain juga buat dijual sama simboknya di pasar. Awalnya sih Pak Sur ndak setuju, masak fasilitas sekolahan dikomersilkan. Tapi lama-lama malah Pak Sur mendukung juga, lantaran kerjaannya nyapu bakalan lebih ringan, hehe…

Makanya Karmin merasa cukup bersukur dengan keberadaan si pohon asem yang bikin kelasnya ndak kepanasan, ndak kaya kelas lain yang cuma di temenin deretan kembang sepatu sama kembang sedap malam. Karmin jadi inget sama si Cemplon yang jaman orientasi disuruh bawa bibit kembang yang baunya harum gara-gara salah bawa makanan. Jadi, waktu itu kan setiap anak disuruh bawa klepon, trus dia bilang sanggup mbawain klepon untuk setiap anak 1 kelas. Soalnya simboknya kan bakul (tukang jualan .dul) makanan di pasar, sekalian ngelarisin dagangannya simboknya katanya. Eeehhh… besoknya dia malah bawa cemplon bukannya klepon (tau cemplon kan? itu lho makanan dari ubi yang ditumbuk halus, diisi gula jawa trus digoreng), akibatnya satu kelas dihukum buat ngambilin daun di lapangan bola sambil ngemut cemplon, ndak boleh dikunyah, plus dia harus bawa bibit kembang. Makanya temen-temennya pada tega menjatuhkan hukuman dengan mengganti nama aslinya Suryadiharjo sama nama Cemplon. Dan salahnya lagi, yang dia bawa adalah kembang sedap malam yang mau ditungguin sampe kiamat pun ndak bakalan wangi kalo siang-siang. Jadi siapa juga yang bakalan nyium kembang malem-malem, hihi…

hhh…

Kok Kirman lama banget ya? Oya, buat informasi, jadi si Kirman lagi ulangan matematik di ruang guru sebagai ganti ulangan minggu kemaren soalnya dia ndak bisa masuk sekolah lantaran sakit diare alias mencret, hehe… Lagian, salahnya sendiri makan sambel ndak kira-kira malemnya. Akibatnya, besok paginya serumah dibikin ngantri di depan kamar mandi gara-gara si Kirman nyetornya lama benget. Akhirnya sesiangan dia cuma gulang-guling di amben dapur sambil dumal-dumel nyalahin si sambel dan simboknya sebagai produsen.

“Welelah, malah nyalahin Ibuk, kualat baru tau rasa kamu, udelmu nanti pindah ke jidat.” Hhh… Ibuk kalo ngomong memang kejam, masa udel pindah di jidat.

Tapi untungnya, si Ndoro Mencretnya mau juga pergi setelah Karmin makan daun jambu 2 bakul, hehe… Walhasil, Bapak jadi sewot lantaran pohon jambu kesayangannya yang dulunya daunnya lebet, sekarang jumlahnya bisa dihitung pake jari orang sekampung, hehe… Masi banyak sie, tapi tetep aja ndak selebet awalnya.

Dan sekarang Kirman harus ikut ulangan susulan di ruang guru. Kasian juga dia, ndak bisa ngepek (nyontek, dul). Padahal Karmin minggu kemaren bisa ngerjain 3 dari 5 soal, sisanya mengandalkan kemampuan spionasenya buat tuker-tukeran jawaban sama si Yoyok. Karmin sebenernya tahu kalo ngepek itu ndak baik, tapi mau gimana lagi, wong sekelas sudah pada bikin rencana selundupan sebelum ulangan. Lagian yang namanya Pak Dirman, kalo bikin soal ulangan pasti syuuusahnya minta maaf, lebih-lebih dari minta ampun pokoknya. Coba bayangin, 5 soal aja Karmin udah pasti bakalan ngabisin 7 lembar bolak-balik. Apalagi 10 soal. Bisa jadi satu makalah. Tapi sebenernya jawabannya ndak sepanjang itu kok, yang bikin panjang itu coret-coretnya. Soalnya Pak Dirman ndak mbolehin anak muridnya buat nulis pake potlot (pensil .dul), harus pake pulpen, dan itu ndak boleh di tip-ex. Nah, ini yang juga jadi kekhawatiran Karmin, soalnya tulisan sodaranya alias Kirman, kan jeleknya nauzubillah, mirip parutan kelapa dibarisin. Bakalan bahaya kalo Pak Dirman dengan cueknya bilang, “Kirman, ulanganmu nilainya nol aja ya… Abisnya ndak bisa dibaca.” Itu sih masih mending, malah dulu kabarnya pernah kertas ulangan Fisikanya dibuang sama Bu Lis lantaran dikira coret-coretan anaknya yang masih umur 3 tahun. Akhirnya, si Karmin ya harus ulangan susulan lagi.

“Yok Min, pulang…” Nah, ini dia si Kirman.

“Lha, wis rampung toh (sudah selesai .dul)?”

“Wis, lha wong gampang banget kok.”

“Gembel…” Karmin bersungut-sungut, heran dia sama sodara kembarnya yang satu ini. Kok ya otaknya pinter begitu ya. Pokoknya hal-hal yang menyangkut itung-itungan, sama ipa-ipaan Karmin nyerah sama Kirman. Sejak jaman SD, sampe sekarang kalo ada PR yang begituan, Kirmanlah tumpuan hidup buat Karmin, hihihi…

Dan anehnya, sekarang mereka ditempatin di 1 kelas, ndak kayak jaman SMP dulu, mereka beda kelas. Selidik punya selidik, ternyata Kepala Sekolahnya yang merintahin biar mereka dijadiin 1 kelas aja. Alasannya sih katanya, biar pada ndak bisa tuker-tukeran. Coba bayangin, kalo misalnya mereka beda kelas. Suatu saat kelasnya Karmin ngadain ulangan matematika. Nah, kan bisa aja mereka tukeran, jadi yang ikut ulangan itu si Kirman, begitu juga sebaliknya, huahahaha… Soalnya si Karmin ini juga terkenal jago kalo masalah IPS, bahasa dan apal-apalan, pinter nggambar juga. Makanya kalo ada lomba gambar atau apa yang berkaitan sama ketrampilan tangan antar kelas, temen-temen sekelas pasti dengan suara bulat tidak mengikut sertakan Kirman. Soalnya pasti bakalan kalah. Kirman sih maklum, dia sadar diri, walaupun kadang-kadang menyesali nasib, hihihi… Lagian kalo ada tugas-tugas atau PR masalah begituan Karmin selalu bersedia bantu dengan imbalan yang biasanya Kirman ndak ihklas.

“Min, bantuin ngerjain PR nggambar ya…” Nah kan, baru aja diomongin udah minta tolong.

“Boleh aja, tapi bayarannya, seminggu tidur di kamar.” Waduh, Kirman mikir, kalo nambah seminggu dia tidur di amben dapur, itu artinya dia bakalan tidur 3 minggu tidur barengan sama panci.

“Wah, ndak bisa ditawar apa Min?”

“Soalnya, tugasnya susah sih, masak Pak Soleh nyuruh bikin gambar pohon, kan susah Man. Daunnya harus digambar satu-satu. Nah punyaku aja belum dibikin.”

“Hhhh… Yawis, bayarannya tidur di kamar seminggu. Tapi gambarnya harus yang bagus.”

“Siippp…. Eh, si Kinan udah pulang toh?”

“Udah, lha soale katanya mau mbantuin Bude jualan.”

Sampe di rumah, Kirman sama Karmin langsung ganti baju trus makan. Ngambil nasi, sayur asem, plus sambel bawang (sial, jadi ikut-ikutan laper….). Lagi makan lahap-lahapnya, Ibuk muncul.

“Lho, Min, kamu ndak jadi puasa toh?”

“Hah?” Deng deng…

Karmin bengong. “Astagfirullah, lupa…”

Kirman keselek. Wah, Karmin nglokro, nyesel dia. “Kok kamu ndak ngingetin Man?”

“Lho, aku ndak tau kalo situ puasa beneran, kirain ndak jadi.” Kirman ikutan bingung.

“Yowis, yowis. besok puasa lagi..” Ibuk melerai.

“Ya sudahlah, sudah terlanjur ini, hihihi…”

Yah, begitulah. Akhirnya Karmin batal puasa lagi. Buat informasi lagi, sebenernya kemaren juga Karmin batal puasa lantaran si Bundet ulang taun, kan ndak enak kalo ndak nurutin undangan makan-makan di kantin, ntar dikira sombong. Oya si Bundet ini sebenernya nama aslinya Fitri, tapi bukan Fitri yang maen di Cinta Fitri, dinamain Bundet lantaran emang rambutnya yang kriting kriwil-kriwil. Ndak tau kok bisa kayak gitu, mungkin karena Bapak Simboknya juga keriting, makanya hasil persilangannya jadi kayak gitu. Hihi… Asyiknya, Bundet sering banget bagi-bagi rejeki, ndak jarang dia bawa makanan ke sekolahan, ato ngundang sekelas buat makan di kantin, walopun tiap anak cuma dapet bakwan seperempat potong, soalnya dia beliin satu bakwan buat 4 orang. Tapi tetep aja anak-anak bersorak hore. Kalo kebetulan pada dolan ke rumahnya juga enak, soalnya bisa ikutan icip-icip kue-kue buatan simboknya. Lha wong memang pengusaha kue kering. Dia juga cerita kalo dia sering bantuin sampe malem kalo pas banyak order, apalagi kalo deket-deket lebaran.

Nah, abis makan Kirman Karmin langsung ke sawah buat njagain sawah dari burung-burung emprit yang suka makanin gabah. Biasanya sih, mereka sambil tidur-tiduran ato baca-baca ato malah bikin PR. Kayak sekarang Karmin lagi bikin tugas nggambar, sekalian sama punya Kirman, sementara Kirman tidur-tiduran aja.

“Min..”

“Opo?”

“Aku tadi ditawarin Pak Dirman buat ikutan lomba matematik di Kecamatan.”

“Lho, yawis melu wae (ya sudah, ikut saja .dul).”

“”Lha, tapi aku ndak yakin e. Yang ikut kan sekecamatan. Kalo kalah gimana?”

“Ya tinggal pulang toh.”

“Kamu ini gimana, bukannya nyemangatin.” Kirman ngambek.

“Welho, gampangnya aja toh Man. Kamu tinggal ikut, kalo menang ya juara, kalo kalah ya pulang. Rak yo gampang. Wong pendaptaran juga ditanggung sekolah toh?”

“Iyo sih. Tapi aku ndak yakin je…” Harap maklum, Kirman memang punya masalah kalo soal begitu2an. Ndak pede dia. wong kadang2 disuruh maju buat nggarap soal di papan tulis aja dia nderedeg (gugup .dul), padahal dia tau kalo bisa njawab, tapi ya itu, ndak berani diliatin banyak orang. Akhirnya dia nyuruh Iir yang njawab ke depan. Tapi pas Iir selesai nulis, malah dimarahin, soalnya yang yang digarap nomor 7, padahal yang ditanyain soal nomor 3, hahaha… Walhasil, si Kirman dipaksa buat bayarin Iir makan. Padahal si Iir kalo makan ndak kira-kira, malah pernah dia ndak sengaja makan arem-arem sedaun pisangnya gara-gara keburu-buru. Tapi dia cuek aja, malahan diabisin semuanya ndak tersisa, ya ampun.

“Udaahh, ikut aja dulu. Soal yang lain-lain nanti dikipirin…”

“Dipikirin..”

“Iya, dipikirin.”

“Yawis, besok tak ngomong sama Pak Dirman.”

***

Krik Krik Krik…..

Malem. Lagi-lagi Karmin duduk di depan rumah sambil nggambar. Serius amat. Lha iya, ini demi seminggu tidur di kamar, demi seminggu tidur di kasur, demi seminggu ndak tidur bareng panci. Tapi sebenernya Karmin memang suka banget nggambar, malahan dia punya cita-cita jadi pilot.

Krik krik..

hehehe… Ndak nyambung ya? Ndak kok, Karmin itu punya cita-cita jadi tukang gambar komik. Sekarang aja dia jadi komikus tetap di ekstrakuliner, eh… ekstrakulikuler jurnalistik. Tugasnya ya nggambar, bikin karikatur, bikin ilustrasi, de el el. Plus kadang-kadang dia juga ikutan nulis. Anak-anak sesekolahan juga pada seneng sama gambarannya, bagus soale. Pernah juga dia iseng-iseng nggambar Pak Dibyo yang lagi ngajar Bahasa Indonesia, sama dia dibikin karikatur, waktu jam pelajaran lagi, trus diputerin sekelas. Kontan anak2 pada cekikikan.  Sialnya malah ketauan sama Pak Dibyo. Walhasil dia dipanggil ke ruang guru. Kirain mau dimarahin, eh, ndak taunya Pak Dibyo malah nyuruh dia buat bikin karikatur lagi, tapi yang lebih bagus. Katanya buat dipajang di rumah. Antik memang, tapi Karmin cerita waktu dia abis diajak ke rumahnya, ternyata isinya ndak beda sama Pak Soleh. Ada banyak lukisan sama gambar. Dia cerita kalo dia memang suka sama gambar atau lukisan, malahan dia sering tuker-tukeran sama Pak Soleh. Tapi pada akhirnya dia dimarahin juga, ndak dimarahin sih, cuma diwejangi kalo ndak boleh kayak gitu waktu pelajaran, hehehe… Yah, Karmin sih cukup bersukur dia ndak disetrap.

“Min..” Kinanti tiba-tiba muncul setelah sebelumnya ada asap yang mengepul. Cling..

“Weh, Kin…”

“Mbok aku minta tolong, diliatin gambarku, yang kurang apaan…”

“Mana? Hmm… Bagus kok, kayak gini udah cukup.”

“Siiippp… Lha itu gambarmu yo?”

“Ini buat si Kirman.”

“Wah, curang kamu Man, mosok digambarin.”

Kirman yang lagi ongkang-ongkang di depan tipi, njawab, “lho, ini itu bukan curang, tapi memanfaatkan resource.”

“Memangnya kamu ngasi apa ke Karmin, ndak mungkin gratis toh?”

“Tidur seminggu di kamar.”

Kinanti ngeliat Karmin yang cengar-cengir di sebelahnya, hehehe…

“Kalo gitu besok-besok kalo ada tugas lagi saya minta tolong kamu aja ya Min.”

“Boleh aja, bayarannya tidur di kamarmu..”

Plaaaakkk….

Sebuah kotak pensil parkir di jidat Karmin. “Gundulmu… ” Kinanti pergi ikutan nonton tipi sama Kirman.

Krik krik krik…

“Kin, tadi si Prayit, nitip surat lagi tuh…”

“Hhhh… wong edan.”

“Emange suratnya isinya apaan toh?”

“Aku ndak tau, wong ndak pernah tak buka.”

“Lho, sejak yang kemaren-kemaren itu, ndak pernah dibaca?” Kinanti geleng-geleng.

“Dari 5 surat ndak ada yang dibaca”. Geleng-geleng lagi

“Satupun?” Geleng-geleng sekali lagi.

“Sama sekali?” Akhirnya Kinanti nggeliyeng (pusing .dul), kebanyakan geleng-geleng sih. “Wah, jahat kamu Kin. Kan kasian.”

“Ndak aah, ndak suka…”

“Lha itu Man, lanang menang milih, wedok menang nolak.” Karmin menimpali.

“Wong aku wae kebelet rabi (menikah .dul). Kamu malah nolak rejeki.” Kirman ikutan ngompori.

“Lho, yowis kowe rabi karo Prayit wae….”

“Gundulmu…”

Akhirnya mereka bertiga gundul-gundulan malam itu, yang kian larut, membawa dingin dengan angin yang sepoi bertiup. Remang bulan yang dibayangi mendung membuat bintang berlari bersembunyi. Tinggal suara binatang malam yang tersisa.

Krik krik krik krik kriiiiiiiikkkkk…. (Dasar jangkrik berisik…)

***

Besok paginya, Kirman Kirman dan Kinanti sudah ada di dalem bis buat ke sekolah bareng sama bakul-bakul pasar yang bawa macem-macem barang dagangan meraka. Begitu sampe sekolah mereka turun dan siap untuk menerima ilmu dari guru-guru mereka hari itu.

“Eh, sik-sik, aku tak ke ruang guru dulu, mau ketemu sama Pak Dirman.”

“Mau ngapain dia Min?” Kinanti nanya ke Karmin.

“Mau nrima tawarannya Pak Dirman buat lomba matematik.”

“Woooo… siiippp…. tak dukung pokoke..”

Sesampainya Kirman di ruang guru Kirman nyari-nyari Pak Dirman, tapi mejanya masih kosong, kemungkinan besar belum dateng. Akhirnya dia balik ke kelas.

Gubraaaakkkk…. Kirman nabrak bak sampahnya Pak Sur. Kirman jatuh, sampahnya juga berantakan.

“Walah maaaasss, kok iso? Makane ati-ati. Ayo diewangi mberesi..” Pak Sur dateng tergopoh-gopoh sambil bawa sapunya yang gede. Wah, pagi-pagi udah dapet musibah. Ndak gagah lagi, nabrak bak sampah.

“Waduh, nyuwun ngapunten, pak (Saya minta maaf, pak .dul). Saya ndak sengaja. Duh duh…” Kirman pun mbantuin Pak Sur mberesin. Setelah selesai dia malah bingung sendiri, kertas gambarnya ilang. Kirman bingung. Jangan-jangan ndak sengaja masuk ke bak sampah. Tanpa minta persetujuan, bak sampahnya ditumplekin (ditumahin .dul) lagi. Tapi tetep ndak ada. Wah wah, bahaya ini. Sambil mberesin lagi, Kirman nginget-inget tadi waktu jatuh. Kira-kira jatuhnya di mana.

“Nyariin ini ya?” Tiba-tiba mbak-mbak dateng menyodorkan segulungan kertas.

“Hehe.., iya… Makasih…” Kirman nrima sambil cengar-cengir, abisnya mbak-mbaknya cakep. Tapi waktu dibuka…..

“Maaf, tadi ndak sengaja keinjek….” Gantian si mbaknya yang nyengir…

Kirman bengong, ndak bisa ngomong apa-apa. Kertas gambarnya sekarang bergambar pohon dengan jejak kaki guede banget.

Teng teng teng…

“Eeee… maaf, saya harus ke ruang guru dulu. Mmm…. nanti saya ganti deh, ya….” Mbaknya langsung pergi. Kirman masih bengong, meratapi gambarnya yang barusan aja jadi keset. Niatnya dibawa-bawa biar ndak kusut ato kelipet-lipet, malah jadi gini. Mbok tadi itu digulung trus dimasukin tas aja kan malah aman. Lesu, Kirman ke kelas.

“Lho, ngopo Man?” Yoyok nanya, demi ngeliat Kirman mewek…

“Gambaranku Yok, Min, dadi ngene… (jadi begini… .dul)”

“Tok apake? Kok dadi koyo jejak petualang ngene.” Karmin ikutan syok.

“Gundulmu…. kepidak wong ki (terinjak orang ini). Bakal diseneni (dimarahin .dul) Pak Soleh aku mengko…”

“Yowis rapopo, ngomong wae nek ra sengojo kepidak…” Kirman ndak bisa berbuat apa-apa selain mengikuti nasehat Yoyok, yaitu pasrah.

Semenit kemudian, Pak Soleh masuk.

“Selamat pagi anak-anak, pagi ini ternyata kita kedatangan murid baru pindahan dari sekolah lain. Silakan masuk mbak.”

“Assalamualaikum, nama saya Kemuning dari Semarang.”

“Lha lho, itu kan yang nginjek gambaranku…” Karmin berteriak, sekelas jadi ngeliat ke Karmin. Pak Soleh bengong. Kemuning nyengir.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di karmin kirman. Tandai permalink.

8 Responses to Gambaranku…

  1. anitapuspitanegara berkata:

    cara nyeritainnya lucu pak wib.. 😀

  2. panjang om..
    ijo2 mu menyilaukaan 😀

  3. pipibakpaw berkata:

    Sambel bawang dan nasi putih satu. Mau ikutan makan bareng Karmin-Kirman.. Seandainya saya juga pernah ‘lupa’ wkt puasa dan ndak sengaja minum kupi,, huehe.. Sayangnya gak pernah kejadian seumur-umur.. @biw: Gaya bercerita kamu nyenengin bgth,, yah. Ditunggu lanjutannya. Ndak pake lama ndak pake sabar 🙂

  4. pipibakpaw berkata:

    Kapan ini dilanjutin ceritanya?! Sampe saya udah merantau ke hutan belantara nan kejam,, blum juga ada lanjutannya. huhuhuhu..
    Butuh hiburan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s