hohoho…. masuk SMA…

Pagi.., dingin…

Kirman menekuk kaki ke dalem sarung bututnya, padahal ayam di kandang belakang udah triak2 dari tadi buat nyari temen yang bisa diajak kokak-kokok subuh2. Tapi Kirman cuek bebek, wong dia bukan ayam, dia kan bebek, ngapain capek2 ngebantuin sang ayam kokak-kokok, mendingan molor, “Kwek….!!” Apalagi malem ini dia kebagian giliran tidur di dipan dapur, soale kemaren udah seminggu dia tidur di kamar dan harus rela gantian sama kembarannya yang sekarang enak2an nungging di sono.

Kuuuukkkuuuurrruuuyyyuuuuukkk….. Petok petok…. Kkkuuuuuuat kuatno wae le turu, iki wis isuk lik, gek ndang tangi nyuk… ruyuuukkkk….

“Badalah…”

Kirman tergagap. Mata masi kriyip2 (merem melek .dul). Bingung…, darimana ceritanya ada ayam yang kokoknya kaya gitu. Kucek2 mata sebentar, garuk2 kepala, tingak-tinguk (liat kiri-kanan .dul) akhirnya Kirman…, tidur lagi…. Zzzzzzzzzzzzz………………

Wahahaha… asem, kirain trus bangun, buka jendela, trus nyapu latar (halaman .dul), trus ngapain kek. Eeeehhhh…., malah nglanjutin molor… hhhhh…. dasar…. Tapi sapa yang gak tergoda coba, di luar masi gelap, masi kabut, masi dingin, masi..ak iya ada yang mo susah payah buat ngapa2in…

Plaaakkkk….

Sebuah sandal jepit buluk warna ijo nyasar di muka Kirman…

“Heh… Heh… Bangun… Masmu dibangunin, trus salat subuh.”

Hwahaha… Bapaknya Kirman dengan semangat ngelempar sandal jepitnya yang tenyata sukses nyampe mukanya Kirman dengan selamat.

“Iya iya, tapi kok banguninnya pake sandal?”

“Waduh, maap, tadi soalnya Bapak males ngampiri (menghampiri .dul) kamu, jadi ya dilempar sandal aja dari sini. Hihihi…”

Kirman cuma bisa komat-kamit, dumal-dumel, sambil ogah-ogahan bangun dari dipan buat bangunin kakaknya di kamar. Begitu pintu kamar dibuka, si Karmin masi ngorok, seprei udah kemana-mana, kakinya ngangkang, ngiler, hhiiiiii…. Kirman balik lagi ke dapur, eh, ternyata Ibuk sudah di sana buat beres2.

“Nyari apa, Man,” tanya Ibuk demi ngliat anaknya clingak-clinguk.

“Topeng, Buk. Itu lho, yang dulu dipake buat sunatannya Darto.”

“Ooohhh…, di bawah dipanmu itu lho. Buat apa toh?”

“Mbangunin Karmin.”

“Wah, Ibuk ikut… sik bentar.” Ibuk trus lari2 ke kamarnya. Mo ngapain ya??

Yak, setelah si topeng ketemu, Kirman balik lagi ke kamar sambil make topeng buto (raksasa buruk rupa .dul), diikuti Ibuk dari blakang yang udah siap make mukena, hihihi…

“Min…, Karmin… bangun… Hihihihihi…………….”

“eee…, mmm…., yaaa…. HHHUUUUAAAAA…… TTTUUUOOOLLLLOOONNGNGNG… GGEEEEENNDDDRROOOUUUUUUWWWOOOOO….”

JDUUUKKKK….

“Adoowww…. Asem….”

“Huahahahaha…. hihihihihiiii…. hahahahaa….”

Dua makhluk tadi ketawa girap2 (terpingkal-pingkal .dul), sementara sang korban masi bingung sambil mengelus2 kepalanya yang benjol abis diadu sama tembok, hihihi….

“Ah, pada tega, adudududuh…,” Karmin memelas.. Sementara Kirman makin keras ketawanya.. “Heh, udah ketawanya, kesurupan beneran baru kapok ntar kamu.”

“Huahaha… dodol…. hahaha…”

“Asem…”

“Hahaha…, Yawd, pada salat sana… Hihihi…,” akhirnya Ibuk menengahi.. “Oya, Min, sekarang tugasmu buat ngasi makan ayam lho.”

“Iya Buk..”

Dan akhirnya, mereka menunaikan tugas masing masing, Karmin bikin makanan buat ayam2 tercintanya, Kirman nyapu-nyapu rumah, sang Ibuk bikin sarapan, sang Bapak olah raga buat ngisi bak mandi, sang kodok eh eh eh sang kodok, kenapa elo elo pade ngorok, hehehe…

Tiap pagi mereka emang begitu, semua harus kebagian kerjaan, biar gak pada ngiri, terpaksa Ibuk bikin jadwal tugas buat bertiga, bergiliran, sementara dia sendiri harus bikin sarapan. Dan semuanya harus patuh, gak ada kecuali. Eh, ada kecualinya ding, kecuali kalo salah satu ada yang berhalangan, sakit misalnya. Tapi kalo ampe ada yang nglanggar, terpaksa dapet hukuman buat mijitin yang laen, selama satu hari, waktunya boleh kapan aja, tergantung yang minta dipijitin. Pernah Bapak dengan teganya minta dipijitin sama Karmin malem2 pas Bapak ronda lantaran tadi paginya dia gak bangun2 padahal segala jurus sudah diupayakan, walhasil dia gak sempet nyapu rumah, dan akhirnya, besoknya dia telat bangun lagi, trus gak ngasi makan ayam, trus dihukum lagi, hihihi…

Yak, jam setengah8, Kirman sama Karmin udah mo berangkat, kemana?? Nah, itu dia, hari ini kan pengumuman penerimaan siswa baru di SMA Kecamatan, setelah minggu kemaren capek bolak balik menuhin syarat2 pendaftaran. Mana Bapak sama Ibuk pada gak mau bantuin, alasan mereka, “Kalian kan udah besar, ya pasti bisa dong ngurus semuanya sendiri, Bapak kan harus ngurusin sawah, sedangkan Ibuk juga harus ngurusin penerimaan siswa baru di SD, kan Ibuk jadi panitianya.” Jadilah mereka berdua bonceng2an kemana-mana, afdruk poto, potokopian, ke SMP yang lama, trus ntah kemana lagi. Sekolahannya juga lumayan jauh, 5 kiloan lah dari rumah. Dan pagi ini, hari pengumumannya…

Tok… tok…

“S’lamualaikum…” Pintu dapur dibakar, eh, diketok..

“W’laikumsalam, eehhh… Kinan… MMAAANNN… MMIIINNN… dijemput Kinanti nie…”.

“Ya.. Buk… Bentar.”

“Cepetan… Selak (keburu .dul) kawin nanti dia, hehe…,” Kinanti mesam-mesem..

“Bulek, tadi Ibuk bilang kalo nanti gula merahnya dianter agak siangan, soalnya mo nganter pesenan dulu katanya.”

“Wo iya, ndak papa, di rumah juga masi ada kok, cuma buat jaga2 aja, takut Paklikmu sewot kalo tiba2 abis, apalagi kalo dia mo jaga sawah trus gulanya abis, soalnya ndak ada yang buat diemut2 katanya, hihihi….”

“Kin, yok brangkat…,” Karmin muncul tiba2, masi make seragam SMPnya, soalnya kan emang belom dapet seragam SMA.

“Buk, kita pamit dulu ya…”, Kirman menyusul di belakang…

“Kinanti juga Bulek, mo ke Skolahan dulu.”

“Iya, yawis ati2 yoo… Sangu-mu (uang jajan .dul) udah le?”

“Udah, Buk. S’lamualaikum.”

“W’laikumsalam.”

Mereka berangkat. Kinanti ini anak semata wayangnya mbaknya Ibuknya Kirman sama Karmin, dinamain begitu konon critanya, Pakde sama Bude udah hampir 8 taun nikah, tapi belum dikasi2 anak sama Tuhan. Begitu lahir langsung dikasi nama Kinanti. Mana ternyata begitu gede wajahnya jadi lumayan cakep, jadi Pakde Wiryo a.k.a Bapaknya Kinanti sering weling (berpesan .dul) sama KarKir (Karmin Kirman .dul), “Kalian berdua pokoknya Pakde serahin tugas buat ngejagain Kinanti kalo Pakde sama Bude ndak ada.”

“Huhuhuuu… Emang kapan Pakde rencananya mo meninggal?” Karmin nyeletuk sambil (pura-pura) nangis…

“Hush.., anak kurang ajar, maksudnya kalo kalian lagi sama Kinanti, tapi pakde ndak disana, ngerti?”

Kirman nimpalin, “Ngerti Pakde, jadi kalo Pakde lagi di surga, kita yang harus jagain Kinanti.”

“KIRMAAAANNNNN…. Awas kalian berdua….” Mereka berdua lari…. Dan terjadilah kejar-kejaran sore itu, yang baru berhenti waktu Bude Menik menjewer Pakde Wiryo, lantaran ngacak2 sampah yang sudah berhasil disapu Bude, hihihi….

Dan setelah nyepeda, trus dititipin, trus ngebis sebentar, mereka sampe di skolahan. Yah lantaran skolahannya emang lumayan jauh, jadi mereka milih buat nitipin sepedaya trus ngebis buat. Secara emang letaknya di ibukota kecamatan, sedang rumah mereka ada di desa pinggiran kecamatan. Dan di sana ternyata udah lumayan rame, lagi pada ngrubungin papan pengumuman butut di depan ruang guru.

“Waduh, kalo gitu kita hompimpah aja. Yang kalah harus ngliatin pengumuman.”

“Owkey…” Karmin sama Kinanti setuju..

“Hompimpah alaiyum salam, eh, salah, Hompimpah alaiiyum gambreng….” Hiiiyyaaa… Karmin kalah, hehe… Dan sesuai peraturan dia yang harus susah payah masuk ke kerumunan buat liat hasil pengumuman. Sementara Kinanti sama Kirman maen pingsut2an (suit .dul). Siapa yang kalah harus rela idungnya dijepit pake jepit jemuran, hihihi…

“OI OI OI… NAMA KITA BERTIGA ADA, HAHAHA… KITA MASUK SMA….” Karmin triak2 dari depan papan pengumuman sambil loncat2.

“HOORRREEEEE….. HAHAHA…” Kirman sama Kinanti bsorak2 gembira, bergembira semua, sudah bebas negri kita untuk slama2nya……., lho kok malah nyanyi, hehe… Intinya mereka berdua senang, lho kok berdua, Karmin mana?

Sementara di depan papan pengumuman ada keributan, ternyata Karmin digebukin…

Iklan
Pos ini dipublikasikan di karmin kirman. Tandai permalink.

36 Responses to hohoho…. masuk SMA…

  1. djengwidz berkata:

    Lho???
    Emg coPeTnya sYaPa???
    KoQ KiRmuN yG digeBuKin???

  2. wib berkata:

    djengwidz__
    nah..
    itu dia, critanya bersambung, hehe…

  3. Rasyeed berkata:

    Wuah.. Critane luwecu tenan, seger lan renyah.. Halah.. Lam kenal yo lรจ.. Hehe

  4. wib berkata:

    Rasyeed__
    oke oke…
    yoi yoi…
    hehe…
    ntar aku ke tempatmu juga…

  5. Aku ra dong ee wib,, ngko nek aku bali nang jogja, diceritani ya,, nganggo bahasa manusia lho,, aja bahasa babi,, hahahahahaha

    Btw adhiku ra mlebu sma 8 kie,, mesakke :((

  6. wib berkata:

    ah, kowe pancen ra dongan..
    tapi bukane kowe babi ngepet, hehe…

  7. kudzi berkata:

    Wahh kenapa karmin digebukin ? atau karena teriak2 ?

  8. wib berkata:

    kudzi__
    ya…
    critanya bersambung dodol…

  9. gadis cilik :D berkata:

    kok aq gag di kasi tau klo ada perkelahian? kan aq bisa jd gadis ronde ๐Ÿ˜€

  10. wib berkata:

    gadis cilik :D__
    emangnya ibu2 jaman dulu, pake ronde di kepala, hehe..

  11. han2cute berkata:

    asem dowo tenaaaaaaaan,,,,
    gak pegel mas ngetiknya????
    aku pegel bacanya,,,

  12. wib berkata:

    han2cute__
    hehe…
    keren kan bisa sepanjang ini…
    gak pegel kok, soale ngansur2 kok, hehe…

  13. gundhi berkata:

    dowo iks.. le moco pegel.

  14. wib berkata:

    gundhi__
    nek pegel dipijeti bos, hehe…

  15. gundhi berkata:

    mosok moco blog sangu remason..:)
    rak yo ngambon2ni jejere ning warnet.

    eh sin liyane yo keno di komen loh gent;)

  16. wib berkata:

    nek ngono sangu koyo wae bos…
    opo ngenet karo ngejak tukang pijet, kan sisan, hehe…

  17. tya oke berkata:

    huaaaa… dowiiiii,,cilik tulisane. duh. sek mas, nggolek kocomotoku sik.. ๐Ÿ˜€

  18. wib berkata:

    dipupuki wae mbak, ben hurupe malik cepet gede, hihihi….

  19. davidmboys berkata:

    iki dho ngopo to?
    ben cepet gedhe ki dilus-lus wae!
    iya to, gen?

  20. tyA berkata:

    woooo.. mas dapit saruuuu.. uwooo.. ncen pantes sbg alumni TERMESUM kw mas!

  21. wib berkata:

    davidmboys__
    opone sing dilus-lus pit?
    wit gedhang?
    hihi…

    tyA__
    lha iya itu..
    dia itu temen seperguruan dukun AS..
    eh, bener gak toh?
    bener ya?
    bener kali…

  22. bL berkata:

    ckckck..
    ini pada ngomong apa sii,aq gadis polos yg tak tau apa2..
    hahaha ;p

  23. wib berkata:

    bL__
    haha…
    kita sama donk..
    aku juga polos…
    ๐Ÿ˜€

  24. bayu_djaim berkata:

    kui critane nyonto pa gawe dewe….?????

  25. wib berkata:

    aku gawe dewe bos…
    tur dengan beberapa inspirasi, hehe…

  26. bL berkata:

    polos?
    ckckc,makannya jgn suka polos sekolah..

  27. wib berkata:

    emangnya polos seleksi perguruan tinggi…

  28. davidmboys berkata:

    mari kita kembali ke jalan yang benar!
    mari memberikan comment tentang tulisannya genta!
    ayo sapa dulu?

    aku terakhir wae..

  29. wib berkata:

    aku pertama…
    hehe…

  30. davidmboys berkata:

    siapa selanjutnya?

  31. uss.ssy berkata:

    weleh2..
    apiik
    apiik
    dapet inspirasi darimana kuwi mas?
    buruan dilanjutin
    nggantung je
    hwaaa
    aku jg pengen punya blog :((

  32. wib berkata:

    ada deh…
    huehehe…
    yawd, bikin aja, gampang kok…

  33. bL berkata:

    ini kapan lnajutannya..
    saya udah mensponsori tulisan ini,
    tpi kok gg slese2
    bisa bangkrut saya

  34. wib berkata:

    bL__
    dananya masi kurang bos..

  35. devypipi berkata:

    Mmhh,,
    Khas WIB sekali yah,,tulisannya.
    Mengenai ceritanya,,
    ….
    ….
    Eits,,komennya nunggu lanjutannya dulu,,dunk..
    Hahahaha..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s